Bupati Simalungun Hadiri Sarasehan UMKM/IKM

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH (RHS) , bersama staf ahli Bupat bidang perekonomian da Pembangunan Ir Debora DPI Hutasoit serta beberapa pimpinan OPD dijajaran Pemkab Simalungun menghadiri kegiatan sarasehan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) / Industri Kecil Menengah (IKM).

Kegiatan yang mengusung tema “UMKM Maju, Simalungun Jaya dan Sejahtera” dilaksanakan di Rest Area Kabupaten Simalungun, Kecamatan Purba, Sumut, yang diikuti oleh para pelaku UMKM/IKM di Simalungun dengan mengikuti protokol kesehatan, Senin 14/06/2021.

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun mengatakan bahwa Pemkab Simalungun menyambut baik kegiatan sarasehan yang di laksanakan oleh para pelaku UMKM/IKM. Diharapkan kegiatan ini tidak hanya sekesar serimonial saja, akan tetapi membawa dampak positif yang dapat di nikmati oleh UMKM dan IKM serta pelaku UMKM/IKM itu sendiri.

“Kedepan saya harapkan dampak dari pertemuan ini ada keberlangsungan dan memberikan kemajuan bagi UMKM/IKM dan pelaku UMKM/IKM itu sendiri di Simalungun,”kata Bupati yang juga didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Untuk dapat bersaing dan lebih dikenal, Bupati mengatakan UMKM/IKM harus mempunyai sistem yang baik. “Saya melihat usaha UMKM dan IKM harus mempunyai sistem yang baik agar bisa bersaing, bisa dikenal sampaikan ke pasar nasional maupun internasional,”ujarnya.

Bahkan dalam sambutannya itu, Bupati siap membantu dalam pembuatan lebel dari produk yang di hasilkan UKMKM/IKM dan akan membuka rest area sebagai lokasi pemasaran produk-produk UMKM dan IKM. “Mari kita bersatu, bersama-sama memajukan dan meningkatkan produk UMKM dan IKM yang berkualitas agar kita dapat bersaing di pasar,”pungkasnya.

Sementara ketua TP PKK Simalungun Ny Ratnawai Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam kesempatan itu mengatakan bahwa TP PKK Simalungun siap membantu memasarkan produk hasil UMKM/IKM. “Kami siap membantu memasarkan produk UMKM Simalungun,”katanya.

Menurut Ratnawati bahwa TP PKK Simalungun telah melukan komunikasi dengan pihak pengusaha di Pulau Batam, dan sudah ada 4 pengusaha yang siap menampung produk UMKM/IKM Simalungun untuk di pasarkan. Oleh karena itu mari kita bekerjasama dan saling membantu agar UMKM di Simalungun berjalan dengan baik.

“Saat ini juga ada tiga pengusaha si Parapat yang siap menampung produk dari UMKM dan di objek wisata Bukit Indah Simarjarunjung ada juga satu pengusaha yang memasarkan produk UMKM, “papar Ratnawati.

Sebagai narasumber dalam sarasehan itu, Marsiaman Saragih SH (Anggota DPR RI Komisi XI) dan Abdul Haris (Deputi kepala perwakilan BI Pematangsiantar).